The Influence of Financial Performance and Company Size on Company Value with Disclosure of Corporate Social Responsibility as a Moderating Variable

Main Article Content

Kunradus Kampo Universitas Atma Jaya Makassar, Indonesia
Paulus Tangke Universitas Atma Jaya Makassar, Indonesia
Kirey Gosal Universitas Atma Jaya Makassar, Indonesia

Abstract

Purpose – The purpose of this study was to examine the effect of financial performance and firm size on firm value and the moderating role of corporate social responsibility on the effect of financial performance and firm size on firm value.


Design/methodology/approach – The research method uses moderated regression analysis to analyze the effect of corporate social responsibility in the relationship between the dependent and independent variables.


Findings – The results of this study indicate that financial performance has a positive and insignificant effect on firm value. Firm size has a negative and insignificant effect on firm value. Corporate social responsibility is able to moderate the effect of financial performance and firm size on firm value.


Originality – The sample companies are non-financial companies listed on the IDX for the period 2017-2019 which disclose annual reports and sustainability reports respectively, so that the total sample obtained covering 3 years is 39 samples.


Keywords: Financial Performance, Company Size, Value Company, Corporate Social Responsibility, Signal Theory, Stakeholder Theory


Paper Type Research Result

Article Details

How to Cite
Kampo, K., Tangke, P., & Gosal, K. (2024). The Influence of Financial Performance and Company Size on Company Value with Disclosure of Corporate Social Responsibility as a Moderating Variable. Contemporary Journal on Business and Accounting, 4(1), 69-87. https://doi.org/10.58792/cjba.v4i1.51

References

Ardimas, W. (2014). Pengaruh Kinerja Keuangan dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Pada Bank Go Public Yang Terdaftar Di BEI. Benefit Jurnal Manajemen dan Bisnis, 18:10.

Brigham, E., & J. F. , H. (1999). Fundamentals of Financial Management. Jakarta: Erlangga.

cnbcindonesia.com. (2020, Februari 06). Sektor Manufaktur RI 2019 Lesu, 11 Saham Otomotif Ini Merana. Retrieved from https://www.cnbcindonesia.com/market/20200206164015-17-135908/sektor-manufaktur-ri-2019-lesu-11-saham-otomotif-ini-merana.

Erdianty, R., & Bintoro, I. (2015). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2014). Jurnal Manajemen Bisnis, Vol. 9(No. 1. 19).

Freeman , R. (1984). Strategic Management: A Stakeholder Approach. Boston : Pitman Press.

Freeman , R., Phillips, R., & Sosidia, R. (2018). Tensions in Stakeholder Theory. Bussiness & Society.

Gine, D., & Iwan Muliyawan, I. (2020). Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Pemoderasi. Wacana Ekonomi (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Akuntansi), Vol. 19(No. 2), 131-142.

Harmono. (2011). Manajemen Keuangan: Berbasis Balanced Scorecard Pendekatan Teori, Kasus, dan Riset Bisnis. Jakarta: Bumi Aksara.

Kasmir. (2014). Analisis Laporan Keuangan (Edisi Satu Cetakan Ketujuh ed.). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kasmir, S. M. (2010). Pengantar Manajemen Keuangan (Pertama). Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Kautsar, A. (2014). Analisis Pengaruh Firm Size, DER Dan Sales Growth terhadap Dividend Payout Ratio Dengan ROE Sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Non Keuangan yang Listed di BEI Tahun 2009-2011. Jurnal Bisnis, 23(2), 1-13.

Khotimah, S., & Mustikowati, R. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi (JRMA), Volume 8.

Kurnianto. (2010). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 7:213-234.

Marfuah, & Nindya, R. (2017). Peran Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Kepemilikan Manajerial dan Kepemilikan Konstitusional dalam Memoderasi Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan. Jember: Simposium Nasional Akuntansi XX.

Marjito, & Harjito, D. (2010). Manajemen Keuangan. Yogyakarta: Ekonosia.

Pertiwi, T. (2012). Pengaruh Kinerja Keuangan, Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan Food and Beverage. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 14(2) : 118-127.

Pratama, I., & Wisuaksana, I. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Mediasi. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(2), 1338-1367.

Prena, G., & Muliyawan, G. (2020). Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility sebagai Variabel Pemoderasi. Wacana Ekonomi (Jurnal Ekonomi, Bisnis, dan Akuntansi), 19(2), 131-142.

Pristianingrum, N. (2017). Pengaruh Ukuran, Profitabilitas, dan Pengungkapan CSR Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Prosiding Seminar Nasional dan Call For Paper Ekonomi dan Bisnis.

Purwanto, A. (2011). Pengaruh Tipe Industri, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas Terhadap Corporate Social Responsibility. Jurnal Akuntansi dan Auditing, 8(1) : 12-29.

Rahayu, N., & Damayanthi, I. (2018, Juli). Pengaruh Corporate Social Resposibility dan Kinerja pada Nilai Perusahaan dengan Kepemilikan Asing sebagaI vARIABEL mODERASI. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol. 24, 30-57.

Rofiqkoh, E., & Priyadi, M. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. Jurnal Ilmu Riset dan Akuntansi, Vol 5(No 10, 119-128).

Spence, M. (1973). Job Market Signalling. The Quarterly Journal of Economics, Vol. 87(No. 3), pp. 355-374.

Sudiarta. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol.5(No. 7).
Susanti , M., & Santoso, E. (2011). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Moderasi. Kajian Akuntansi , 6(2), pp" 124-133.

Susanti , R. (2010). Analisis Faktor-FAktor Yang Berpengaruh Terhadap Nilai Perusahaan.

Tandelilin, E. (2010). Portofolio dan Investasi Teori dan Aplikasi (Edisi Pertama ed.). Yogyakarta: Kanisius.

Umam, A., & Hartono, U. (2019). Firm Size, Profitabilitas, Struktur Modal, Kebijakan Dividen, GCG, CSR, dan Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Sektor Finance Di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Ilmu Manajemen, Vol 7(No 3).

Undang-Undang Republik Indonesia No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas No. 40. (16 Agustus 2007). Jakarta.

Wibowo, I., & Faradiza. (2014). Simposium Nasional Akuntansi XVII. Dampak Pengungkapan Sustainability Report Terhadap Kinerja Keuangan dan Kinerja Pasar Perusahaan.

Wijaya, A., & Linawati, N. (2015). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan (Vol. Vol 3).

Yang, A., & Baasandorj, S. (2017). Exploring CSR And Financial Performance Of Full-Service And Low-Cost Air Carriers. Finance Research Letters 23 (Nov): 291-99.